Senin, 09 September 2019

Penyebab Pompa Air Bersih dan Air Limbah Bekerja Sangat Lemah

 Hasil gambar untuk pompa keluar airnya kecil

Jika mendapati mesin pompa air bersih maupun air limbah bekerja sangat lemah (loyo) meskipun masih mampu menghisap air, tetapi debit air yang dikeluarkan kurang (tidak sesuai lagi dengan harapan) bahkan pompa sepertinya hampir mati.

 Ada 3 tahapan pemeriksaan awal yang bisa dianalisa untuk mengetahui sumber permasalahannya terkait lemahnya kinerja sebuah unit mesin pompa air, yaitu:

  1. Motor. Pastikan kondisi motor (dynamo) pompa masih bekerja secara optimal dengan suplai arus listrik yang sesuai dengan spesifikasi pompa. Input tegangan yang terlalul kecil akan membuat motor berputar di bawah RPM normal sehingga kekuatan yang dihasilkan tentu saja tidak akan bisa maksimal.
  2. Daya hisap. Menyesuaikan kekuatan pompa dengan kondisi di lapangan adalah hal yang sangat penting dan harus menjadi perhatian utama sejak awal perencanaan, jangan ada usaha untuk mencoba atau memaksa untuk menurunkan spesifikasi dengan alasan menekan biaya operasional yang bisa berakibat pada hasil pekerjaan menjadi kurang maksimal. Sumur dengan kedalaman 30 meter tetap saja bisa dipasang pompa dengan kekuatan hisap 25 meter, namun risiko yang harus ditanggung adalah lemahnya debit air yang dihasilkan serta kinerja mesin yang terlalu berat, cenderung akan membuat daya tahan unit pompa air tidak mampu berumur panjang.
  3. Daya dorong. Spesifikasi standar sebuah unit pompa air selain memiliki kekuatan hisap, juga mencantumkan daya dorong (discharge head) yaitu kekuatan mesin untuk mendorong air menuju saluran pipa suplai dengan batas ketinggian tertentu. Semakin jauh dan atau semakin tinggi jarak tempuh pipa suplai yang melewati batas spesifikasi normal, maka tidak dipungkiri lagi bahwa hasil kerja pompa akan melemah dan debit air yang keluar tidak sesuai harapan.
Dari ketiga tahapan pemeriksaan masalah pompa air yang lemah tersebut hanya menitikberatkan bahwa harus lebih memahami terlebih dahulu secara teknis sumber penyebabnya, sehingga anda dapat melakukan koreksi yang tepat sebagai tahap awal proses perbaikan yang mungkin saja hanya berupa kesalahan ringan dari prosedur teknis yang semestinya diterapkan. (pompaair.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar